Cara Memperbaiki Setrika Listrik Rusak Tidak Panas

Wednesday, May 29, 2013
setrika listrik

Artikel cara memperbaiki setrika listrik rusak berikut ini adalah pengalaman pribadi penulis, yang mendapati setrikaan tidak panas karena mati saat dicolokkan pada listrik PLN. Hal yang paling menjengkelkan ketika baju yang habis dicuci sudah menumpuk, sedangkan ternyata setrika malah rusak tidak dapat digunakan.

Nah tidak perlu panik dulu, karena masalah setrika rusak ini mungkin dapat kita atasi dengan cara memperbaikinya sendiri. Memang kelihatannya cukup rumit untuk melakukan service setrika listrik mati, karena kita tidak punya pengalaman dibidang itu.

Daripada penasaran, lebih baik langsung saja buka tuh setrikaan, dan lihat dalamannya. Biasanya yang mengalami kerusakan adalah pada fuse atau tahanan untuk mengantisipasi adalah arus lebih yang mendadak ketika tegangan tidak stabil.

Pada fuse itu sering putus, solusinya ganti dengan fuse biasa atau kalau memang tidak memiliki stok, ganti saja dengan kabel serabut.

Bagian lain yang sering rusak adalah kabel colokan, kalau yang ini dapat dibelikan spsarepartnya di toko elektronik.

Dan yang sedikit memerlukan pengetahuan teknis adalah kerusakan pada bagian sensor panas atau lempeng bimetal nya. Kalau bagian ini rusak, setrika biasanya tidak panas saat digunakan. Solusinya, silakan belikan lempeng bimetal yang baru dan pasang dengan hati-hati.