Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energi/ TL/ Neon

Wednesday, May 29, 2013
Lampu Hemat Energi

Ini merupakan pengalaman saya sendiri bagaimana cara memperbaiki lampu hemat energi atau yang sering disebut juga sebagai lampu jari. Nah konsep lampu hemat daya ini hampir sama dengan lampu TL yang menggunakan ballast, karena lampu yang digunakan sama-sama berjenis lampu neon.

Lantas bagaimana cara memperbaiki lampu tipe ini? Sebenarnyta kerusakan yang terjadi pada lampu hemat listrik ini pada bagian yang rusak biasanya dibagi menjadi dua kategori. Yaitu bagia lampu itu sendiri atau bagian rangkaian elektronika yang menjadi komponen penting dari lampu tersebut.

Perlu sedikit keahlian untuk membuka dan membetulkan lampu ini, sebaiknya anda juga harus punya keyakinan seperti seorangh ahli, karena dengan keyakinan pada diri sendiri membuat kita lebih leluasa untuk membukanya. Seperti pengalaman saya pada tulisan yang lalu tentang cara memperbaiki setrika rusak, maka disini kita coba untuk lebih kreatif.

Silahkan buka kerat yang terdapat pada lampu hemat energi tersebut, dan ukur terlebih dahulu lampu yang berwarna putih pada tiap ujungnya (bagian pin). Lampu tersebut terdiri dari dua buah lampu neon, kalau kedua ujung tersebut ada yang putus dapat dilihat dari jarum multimeter yang tidak bergerak saat diukur.

Nah kalau bagian lampu tidak rusak, maka kerusakan dapat dipastikan pada bagian rangkaian eletronika yang berbentuk bulat yang ada didalam cangkang lampu tersebut. Silahkan ukur menggunakan multitester dan posisikan pada mode pengukuran OHM, dengan skala X10.

Kalau ada transistor yang rusak dapat dilihat dengan adanya jarum yang bergerak mentok, maka untuk menggantinya silahkan cabut dengan solder dan ganti dengan transistor yang satu tipe. Kurang lebih hanya itu bagian yang rusak jika lampu hemat energi tidak mau menyala saat dipasang.